Fenomena Gunung Es, Angka Penderita HIV di Pangkalpinang Terus Bertambah

Ginta Gusti Pranata    •    Senin, 20 Juni 2022 | 18:45 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Angka penularan HIV/AIDS di Pangkalpinang terus bertambah di tengah pendemi Covid-19. Jumlah ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) pada tahun 2021 sebanyak 49 orang.

Pada periode Januari hingga April 2022 angka tersebut bertambah menjadi 63 orang. Jadi ada penambahan ODHA sebanyak 14 orang.

Penyebaran HIV/AIDS sangat sulit terdeteksi. Data yang dikumpulkan saat ini hanya sebagian kecil dari besarnya jumlah orang yang sebenarnya mengidap HIV/AIDS. Banyak orang yang tidak memeriksakan dirinya sehingga angka pasti jumlah ODHA hingga saat ini tidak dapat diketahui.

Inilah yang dinamakan fenomena gunung es. Peningkatan jumlah ODHA yang tajam, dan banyaknya kasus HIV/AIDS yang diberitakan atau dihimpun oleh Dinas Kesehatan sesungguhnya adalah kenyataan yang hanya terlihat dipermukaan saja. Masih banyak ODHA yang tidak terdeteksi dan tidak sadar bahwa saat ini dirinya terjangkit HIV/AIDS.

Pengelola Program HIV/AIDS KPA (Komisi Penangulangan AIDS) Pangkalpinang, Syahru Siam atau akrab disapa Bung Yossi berharap kepada masyarakat, khususnya komunitas komunitas yang mempunyai risiko tinggi akan penularannya atau bagi mereka yang mengetahui seputar HIV Mungkin bisa mengunjungi KPA kota Pangkalpinang maupun di Dinas Kesehatan. Hal ini bertujuan untuk sekedar edukasi dalam tahapan awalnya.

"Karena kita bertujuan temen-temen komunitas yang risiko tinggi bisa berperilaku sehat semuanya. Ditambah lagi KPA punya program sosialisasi kepada pasangan risiko tinggi pada komunitas LGBT. Karena juga, LGBT di Pangkalpinang mulai meningkat angka risikonya,” imbuh Yossi saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Yossi menegaskan bukan membicarakan LGBT nya, melainkan akibat daripada penyakitnya. Penyakit yang diakibatkan oleh prilaku seks menyimpang ini sangat rentan pada teman-teman LGBT. Terutama pada kasus yang lumayan tinggi ada pada GB atau Gay Biseksual.



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL