Ombudsman Babel Buka Posko Pengaduan di Pulau Belitung

Ginta Gusti Pranata    •    Senin, 20 Juni 2022 | 19:39 WIB
Lokal
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy.(dok)
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung rencananya pada tanggal 22 hingga 23 Juni 2022 nanti akan melakukan kunjungan ke Belitung guna untuk mendekatkan pelayanan Ombudsman RI.

Hal ini sekaligus untuk melakukan pengawasan akan penyelanggaraan pelayanan publik di Pulau Belitung melalui Posko Pengaduan Ombudsman On The Spot (OOTS).

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy, mengatakan Ombudsman akan membuka gerai pengaduan secara on the spot di dua tempat yaitu di Kantor UPT Samsat Belitung Timur pada Rabu 22 Juni 2022 dan di Kantor Disdukcapil Belitung pada Kamis 23 Juni 2022.

"Kami harap kedatangan kami ke Belitung dapat diterima oleh berbagai pihak dengan partisipasi aktif guna peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanan publik," ungkap Yozar, Senin (20/6/2022).

Selanjutnya, Yozar menyampaikan pentingnya pengawasan partisipatif ini oleh pada semua lini masyarakat. Ia harap melalui pengaduan pelayanan publik yang dirasa kurang baik atau tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar masyarakat dapat menyampaikan kepada pihaknya.

Ia juga menuturkan bahwa masyarakat tidak perlu merasa takut untuk melapor serta penyelenggara pelayanan publik pun tidak perlu merasa alergi terhadap pengaduan masyarakat.

"Pengawasan partisipatif ini merupakan amanah pada pasal 35 ayat (3) UU 25/2009 Tentang Pelayanan Publik. Maksud dari hal tersebut juga baik, agar masyarakat dapat lebih memahami hak dan kewajibannya, serta penyelenggara dapat melakukan pembenahan dan evaluasi dalam menyelenggarakan pelayanan. Jadi tidak perlu takut atau risih terhadap pengaduan. Selama tujuannya untuk hal yang baik, masyarakat jangan ragu-ragu menyampaikan keluhannya. Baik itu terkait substansi pendidikan, kesehatan, kelistrikan, pelayanan pedesaan, bantuan sosial, dan sebagainya," terang Yozar.

Kemudian, Yozar juga menambahkan bahwa selain melakukan kegiatan OOTS, pihaknya juga akan melakukan kegiatan OGTS atau Ombudsman Goes To School ke beberapa sekolah menengah yang ada di Pulau Belitung.

Kegiatan ini merupakan strategi sosialisasi dan komunikasi yang bertujuan untuk mengenalkan Ombudsman RI dan perilaku anti maladministrasi sejak dini kepada siswa/i, sehingga nantinya dapat lebih aktif dalam mengawal pelayanan publik melalui Sobat Ombudsman.(gn/wb)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL