Melawan dan Coba Kabur Otak Aksi Pencurian Dihadiahi Timah Panas

Dwi H Putra    •    Selasa, 21 Juni 2022 | 12:55 WIB
Video Kite
Caption: Pelaku pencurian yang berhasil diringkus Polres Bangka. (IST)

SUNGAILIAT, wowbabel.com -- Trio pencuri spesialis rumah kosong asal Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang beraksi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhirnya diringkus Tim Kelambit Satreskrim Polres Bangka.

Ungkap kasus yang dilakukan Tim Kelambit bersama Unit Reskrim Polsek Belinyu, dikarenakan berusaha melawan dan melarikan diri terpaksa salah seorang pelaku yang merupakan otak aksi pencurian dihadiahi tim panas di kakinya.

"Ketiga pelaku yang sempat beraksi pada sejumlah kabupaten/kota di Bangka tersebut tertangkap saat sedang tidur di Hotel Mink-Mink, Kecamatan Belinyu," kata Kapolres Bangka, AKBP Indra Kurniawan melalui Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Rene Zakaria di Sungailiat, Selasa (21/6/2022). 

"Ketiganya yakni Muhamad Fauzi alias Memet (37), Hendri alias Oga (42) dan Deni Ferdinat alias Deni (38) semuanya warga Palembang," ujarnya. 

Lanjut Kasat Reskrim, terungkapnya aksi para pelaku ini setelah Polres Bangka menerima laporan dari korban atas nama Tati warga Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat pada Minggu (5/6/2022). 

Saat itu komplotan yang beraksi pada siang hari tersebut berhasil membawa kabur sejumlah perhiasan emas dan uang tunai milik korban. Aksi maling dilakukan dengan cara mencongkel pintu belakang rumah.

"Setelah dilakukan penyelidikan, Tim Kelambit Satreskrim Polres Bangka dipimpin Ipda Awal Sumaryanto, mendapat informasi bahwa komplotan maling tersebut sedang berada di wilayah Kecamatan Belinyu," jelas Rene. 

"Diduga komplotan ini akan kembali melakukan aksi pencurian di kawasan Belinyu, namun belum sempat beraksi ketiga pelaku terlebih dulu diringkus," paparnya. 

Kasat Reskrim menambahkan selain mengamankan ketiganaya juga berhasil diamankan barang bukti berupa tiga unit laptop, dua unit handphone dan satu buah obeng.

"Barang bukti ini setelah dilakukan pengembangan diamankan di Palembang," tandas Kasat Reskrim. 

"Selain itu, diamankan satu buah linggis, satu unit mobil Daihatzu Terios warna putih bernomor polisi palsu yang digunakan ketiga tersangka untuk melakukan aksi pencurian tersebut," ulasnya. 

"Ketiga pelaku merupakan resipis spesialis bobol rumah kosong, saat ini semuanya masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Bangka dan dikenakan Pasal 363 KUHPidana," pungkas AKP Rene. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL