Hore, Gaji 13 Pegawai Pemprov Babel Cair Bulan Juli

Dwi H Putra    •    Kamis, 23 Juni 2022 | 13:58 WIB
Lokal
Caption:  Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M Haris. (dwi/wb)
Caption: Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M Haris. (dwi/wb)

PANGKALPINANG, wowbabel.com -- Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan bahwa pemerintah daerah wajib membayar gaji 13 berdasarkan ketentuan di bulan Juli mendatang. 

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M Haris, mengatakan terkait hal itu pihaknya sudah menyampaikan ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) supaya dapat mengajukan pencairan sebelum tanggal 1 Juli 2022 hingga akhir Juli. 

"Masing-masing OPD ada anggaran kas pertriwulan, nah di triwulan ketiga ada pembayaran gaji ke 13 ini termasuk tambahan penghasilan pegawai (TPP) 13 sebesar 50 persen, sehingga mereka harus menggeser anggaran triwulan keempat ke triwulan tiga," kata Haris kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (23/6/2022). 

"Gaji 13 ini dari dana transfer, begitu juga gaji bulanan dari Dana Alokasi Umum (DAU)," ujarnya. 

Lanjutnya, gaji 13 yang diberikan pemerintah untuk membantu ASN ataupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) biaya anak-anak masuk sekolah. 

Sementara itu, Kepala Bidang Perbendaharaan Bakuda Babel, Bondan Sasongko, menambahkan para ASN, PNS dan PPPK mendapatkan gaji 13, TPP 13 sebesar 50 persen, gaji bulan Juli dan TPP induk. 

"Intinya kami di Bakuda sudah siapkan anggaran itu, semuanya tergantung pengajuan dari OPD masing-masing, namun ada permasalahan sejumlah OPD ada anggarannya tidak cukup tapi semua sudah disampaikan kepada OPD anggaran triwulan empat dialihkan ke triwulan tiga, artinya tidak ada OPD yang tidak bisa membayar itu," jelas Bondan. 

"Memang sudah ditetapkan oleh kementerian secepatnya diawal Juli, dimulai dari gaji bulanan dan lainnya, jika tidak ada tetap dibayarkan kendati setelah Juli," paparnya. 

Terkait besaran anggaran yang disiapkan untuk membayar gaji 13,TPP 13 sebesar 50 persen dan lainnya, Bakuda Babel menyiapkan anggaran sebesar Rp 39 miliar. 

"Total dibulatkan hampir sekitar Rp 39 miliar, sebab gaji 13 ataupun TPP 13 sebesar 50 persen ini tidak boleh ada potongan murni harus dibayarkan untuk keperluan anak sskolah," pungkas Bondan. (dwi/wb)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL