Ibrahim : Tanggung Renteng untuk Pilkada Berkualitas

Muri_Setiawan    •    Senin, 02 April 2018 | 21:11 WIB
Pilkada
Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (FISIP UBB). (foto: ist)
Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (FISIP UBB). (foto: ist)

WOWPOLITIK – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung (FISIP UBB), Dr. Ibrahim, S.Fil., M.Si menilai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tiga daerah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), sudah mengarah kepada perbaikan.

Salah satu hal mendasar, menurutnya adalah peran Bawaslu yang memiliki kinerja pengawasan lebih baik, dan telah menutup upaya pemenangan para kontestan dengan cara-cara melanggar aturan.

“Yang bergeser adalah secara prinsipil adalah peran Bawaslu dan jajarannya yang kini memiliki perangkat yang sangat luas. Menurut saya, justru kinerja pengawasan jauh lebih membaik, meski tentu mungkin ini kurang nyaman dirasakan bagi kontestan yang berhasrat untuk tipu-tipu atas upaya pemenangan,” ungkap Ibrahim, Senin (2/4/2018) di Pangkalpinang.

Selain itu, Ibrahim mengatakan, penyelenggaran dalam hal ini KPU semakin berupaya meningkatkan angka partisipasi pemilih di masyarakat melalui beberapa program kreatif.

“KPU sendiri saya kira semakin kreatif untuk mendorong partisipasi masyarakat. Banyak metode sosialisasi yang dipilih. Bahkan, aparat kepolisian pun aktif membangun gerakan literasi politik atas nama keamanan dan kondusivitas politik,” lanjutnya.

Terkait pengawasan partisipatif, lanjut Ibrahim, UBB sejak 2016 bersama Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel bekerjasama dalam program Gardu Pengawasan Partisipatif mengawal Pilkada Gubernur Babel tahun 2017. Bah



1   2      3