Toboali Membara, Rombongan Kedubes China Hadiri TCOF

Abeng    •    Jumat, 27 Juli 2018 | 09:07 WIB
Travel
Pembukaan TCOF season 3 2018 di pantai Nek Aji Toboali, Bangka Selatan. (Wowbabel.com)
Pembukaan TCOF season 3 2018 di pantai Nek Aji Toboali, Bangka Selatan. (Wowbabel.com)

WOWTRAVEL - Event wisata nasional Toboali City On Fire (TCOF) di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  resmi dibuka, Kamis (27/7/2018) malam. Acara yang masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata RI tahun 2018 ini sudah memasuki Season 3 yang berlangsung 27-29 Juli 2018 di Toboali. 

Toboali City on Fire merupakan salah satu festival budaya terbesar di Pulau Bangka, dengan jumlah acara mencapai 16 acara utama yang berlangsung selama tiga hari. 

“Di antara event  pariwisata yang dimiliki Bangka Belitung Toboali City on Fire termasuk salah satu yang besar, pelaksanaan yang sudah tiga tahun berturut  sudah diakui Kementerian Pariwisata sehingga masuk dalam agenda pariwisata nasional. Apalagi tahun ini dihadiri oleh pihak Kedutaan Besar China bersama rombongan pengusaha," kata Justiar Noer, Bupati Bangka Selatan, Kamis (27/7/2018) malam saat membuka TCOF di kawasan Pantai Nek Aji, Toboali.

 

Bangka Selatan, kata Justiar sedang membangun dengan rencana beberapa investasi  di bidang industri, termasuk industri  pariwisata. Ajang TCOF yang sudah tiga tahun rutin digelar sebagai bagian dari promosi wisata Bangka Selatan.

"Bangka Selatan lebih kepada pariwisata yang berbasis lokal, seperti  alam, seni  budaya, hingga kuliner lokal, sesuai tema  back to nature, maka kegiatan di TCOF kali ini banyak kegiatan yang  bersifat kembali  ke alam seperti routing bersepeda ke pantai, festival seni  daerah hingga kuliner lokal," tukas Justiar.

Justiar juga mengatakan, pelaksanaan Toboali City on Fire Season 3 ini ditargetkan akan dikunjungi lebih dari 20.000 wisatawan sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami proyeksikan selama tiga hari pelaksanaan festival, nilai transaksi yang diperoleh UMKM mencapai Rp360 juta,” ujar Justiar.

Beberapa acara utama yang diadakan di Toboali City on Fire adalah Toboali Photo Competition, Toboali Fashion Carnival, Festival Tari Kreasi Daerah, Nganggung 1.000 Dulang, Toboali Oriental Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-Layang, Festival Barongsai, lomba pembuatan film dokumenter, touring komunitas motor, ritual adat Buang Jung, dan festival kuliner.

Kehadiran tamu dari Kedubes  China bersama para pengusaha, menurut Justiar  adalah efek dari  kegiatan TCOF karena Bangka Selatan makin dikenal  orang. Beberapa kegiatan investasi  segera  terealisasi  yang nantinya mendorong ekonomi daerah.

"Partisipasi  semua pihak, terutama masyarakat Bangka Selatan sangat  menentukan  terhadap beberapa rencana investasi yang akan masuk," ujarnya.

Sedangkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Bangka Belitung sangat beruntung memiliki  event daerah yang masuk dalam 100 Calendar of Event nasional.

"Kemajuan pariwisata di Bangka Belitung berkembang cukup pesat. Kunjungan wisatawan pada 2017 mencapai 6.417 wisman dan 324.189 wisnus dengan kenaikan rata-rata 20 persen,” ujar Erzaldi. (ADVERTORIAL)

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL