Selain Timah, Komoditas Mineral Ikutan Lebih Menarik

Tim_Wow    •    Minggu, 30 Desember 2018 | 02:16 WIB
Ekonomi
Dokumentasi PT Timah Tbk.
Dokumentasi PT Timah Tbk.

WOWBISNIS - Harapan Dirut PT Timah Tbk akan perbaikan di tahun 2019 cukup beralasan, beberapa pengamat menilai pada tahun 2019 sektor pertambangan masih jadi adalan pemerintah dalam penerimaan negara untuk APBN. Dirjen Minerba Kementerian ESDM bahkan optimistis sektor ini bisa menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp43 triliun pada akhir tahun ini.

Direktur Eksekutif Center of Energy and ResourcesIndonesia (CERI), Yusri Usman dikutip dari Investor Daily mengatakan, sektor pertambangan pada 2019 diperkirakan akan tumbuh sangat baik tetapi tetap harus dikontrol produksinya agar harga produknya tetap baik di pasar internasional.

Selain itu, sektor ini memiliki tantangan masalah harga pasar produk tambang yang fluktuatif dan persoalan lingkungan di sekitar tambang. Bila tidak diantisipasi, lanjut dia maka kerusakan lingkungan akibat tambang ini nilainya bisa jadi lebih besar dari penerimaan negara selama ini.

 “Kementerian ESDM optimistis sektor ini bisa menyumbang PNBP mencapai Rp43 triliun namun masih kalah jauh dari hasil cukai tembakau bisa mencapai 4 kali lipat yaitu sekitar Rp150 triliun lebih sehingga Kementerian ESDM tidak boleh berbangga diri karena mineral ini bukan bahan baku terbarukan dan cadangannya terbatas,” kata Yusri kepada Investor Daily di Jakarta, pertengahan November 2018.

Seperti diketahui, berdasarkan data realisasi P



1   2      3      4