Soal Nasib Mahasiswa di Taiwan, Didit Desak Kemenlu Bentuk Tim Invetigasi

Anjar Sujatmiko    •    Selasa, 08 Januari 2019 | 16:16 WIB
Lokal
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya.(dok)
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya.(dok)

PANGKALPINANG,Wowbabel.com --  Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya mendesak Kementerian Luar Negeri  Republik Indonesia (Kemenlu RI) untuk segera membetuk tim investigasi guna mencari fakta pembenaran terkait beredar kabar pemberitaan disejumlah media baik lokal maupun nasional, soal nasib ratusan mahasiswa asal Babel yang sedang melanjutkan studi di salah satu perguruan tinggi di Taiwan.

“Besok (Rabu-red) saya akan bertemu dengan Kemenlu,  yang pertama kami akan mempertanyakan berita-berita tersebut. Yang berhak mengklarifikasi bukan dinas pendidikan tetapi kemenlu. Karena itukan merupakan permasalahan tingkat nasional. Hanya kebetulan mungkin ada masyarakat Babel yang kuliah di sana,” ujarnya, Selasa (8/1/2019) kepada sejumlah awak media di Kantor DPRD Babel.

Selain akan melakukan pertemuan dengan pihak Kemenlu, Didit juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek RI).

“Kita mau tahu apakah kerjasamanya lewat kemenristek atau tidak. Ini yang perlu kita cari tahu, karena ini menyangkut 294 anak-anak Babel di sana (Taiwan-red),”  kata Didit.

Didit menyebutkan pihaknya tidak akan pro aktif untuk memulangkan ratusan mahasiswa asal Babel. Karena menurutnya ini telah menjadi ranah pemerintah daerah (pemda) Babel dengan pemerintah pusat.

“Inikan program pemeritah daerah dan pusat. Ini juga sudah bicara soal antara negara ya sudah tugas m



1   2