Pemkab Lestarikan Kearifan Lokal Dengan Olahraga Tradisional

Dwi H Putra    •    Rabu, 24 April 2019 | 19:35 WIB
Lokal
Permainan bakiak salah satu olahraga tradisional yang dilombakan dalam rangkaian HUT Kota Sungailiat ke 253 di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Bangka. (Dwi HP/ wowbabel)
Permainan bakiak salah satu olahraga tradisional yang dilombakan dalam rangkaian HUT Kota Sungailiat ke 253 di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Bangka. (Dwi HP/ wowbabel)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka dalam rangka memperingati hari jadi Kota Sungailiat yang ke 253 tahun menggelar kegiatan lomba olahraga tradisional dengan cabang olahraga yang diperlombakan diantaranya tarik tambang, lari karung, enggrang, bakiak dan hadang.

Latar belakang penyelenggaraan kegiatan yang rencananya akan digelar selama dua hari tersebut, sebagai bentuk nyata Pemkab Bangka dalam menghidupkan serta melestarikan kearifan lokal daerah melalui olahraga tradisionalnya.

"Momentum perayaan HUT Kota Sungailiat yang ke 253 ini kita jadikan juga sebagai langkah kita menjaga kearifan lokal salah satunya kita menggelar olahraga masyarakat ini," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bangka, Drs Teddy Sudarsono MSi di Sungailiat, Rabu (24/4/2019).

Dikatakannya tujuan kegiatan juga agar olahraga tradisional tetap eksis dalam lintas generasi, sehingga kepunahannya dapat dicegah sedini mungkin.

"Semoga dengan pengenalan olahraga tradisional ini kedepan dapat meregenarasi, supaya anak cucu tetap kenal dengan olahraga ini," ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan ini juga diharapkan tidak hanya sebagai ajang memperebutkan gelar, tapi juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat dan pegawai di Lingkungan Pemkab Bangka.

"Harapannya bukan sebuah perebutan juara saja, namun menjadi momentum dalam meningkatkan rasa persaudaraan



1   2