Salah Input Data Pemilih, KPU Bangka Hentikan Pleno

Dwi H Putra    •    Jumat, 03 Mei 2019 | 19:05 WIB
Lokal
Suasana rapat pleno tingkat Kabupaten Bangka terpaksa dihentikan disebabkan ada kesalahan input data pemilih di tingkat PPK Sungailiat.(dwi/wb)
Suasana rapat pleno tingkat Kabupaten Bangka terpaksa dihentikan disebabkan ada kesalahan input data pemilih di tingkat PPK Sungailiat.(dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menghentikan sementara rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil suara Pemilu 2019 untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sungailiat.

Diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Bangka, M Hasan, kepada wartawan mengatakan penghentian proses rekapitulasi disebabkan adanya kesalahan input data pemilih yang dimulai dari tingkat Tempat Pemilihan Suara (TPS), sehingga berlanjut ke tingkat PPK.

"Salah input data pemilih ini dimulia dari TPS, hingga akhirnya ke tingkat PPK," kata M Hasan di Sungailiat, Jumat (3/5/2019).

"Banyak pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) dimasukkan ke daftar pemilih tetap tambahan (DPTb), pemilih DPTb dimasukan ke daftar pemilih khusus (DPK)," ujarnya.

M Hasan menjelaskan kesalahan ini tidak terlalu krusial hanya ada satu atau dua pemilih saja, tetapi untuk memberikan waktu lebih leluasa bagi petugas PPK, maka rapat pleno dilanjutkan Sabtu (4/5/2019) pagi.

"Bisa malam ini dilanjutkan, tapi biar datanya benar-benar singkron maka lebih baik dilanjutkan besok (Sabtu, red)," jelas M Hasan.

Diakuinya untuk pleno PPK lainnya tidak ada masalah, walaupun ada satu atau dua sanggahan dari saksi partai politik.

"Tujuh kecamatan lainnya semua lancar, kalau pun ada sanggahan masih tahap wajar," imbuhnya.

"Tinggal Kecamatan Sungailiat saja, mudah-mudahan besok selesai," pungkas M Hasan.(dwi/wb)