Empek-empek Udang Hantarkan Belo Laut ke Tingkat Nasional

Dua anggota tim verifikasi lapangan dari pusat, yakni Anggun Sri Ahyani dan Agnes Theresia Sri Suyanti disambut tari siri saat tiba di Kantor Desa Belo Laut, Jumat (10/5/2019).(rul/wb)
Dua anggota tim verifikasi lapangan dari pusat, yakni Anggun Sri Ahyani dan Agnes Theresia Sri Suyanti disambut tari siri saat tiba di Kantor Desa Belo Laut, Jumat (10/5/2019).(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Desa Belo Laut Kecamatan Muntok, Bangka Barat mewakili Provinsi Bangka Belitung dalam Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tingkat Nasional.

Saat ini Desa Belo Laut yang mewakili Bangka Belitung sudah masuk dalam enam nominasi  bersama daerah lainnya, yakni Bali, Kalimantan Selatan, Kaltim, Lampung dan Sumbar.

Adapun produk andalan Desa Belo Laut dalam lomba ini yakni empek-empek udang, minuman mengkudu, dan ternak burung puyuh.  Bahkan untuk empek-empek udang buatan warga  Belo Laut sudah cukup terkenal.

Pada Jumat (10/5/2019) pagi, tim verifikasi lapangan dari pusat datang berkunjung ke Desa Belo Laut untuk memberikan penilaian. Dua anggota tim verifikasi lapangan yang datang adalah Anggun Sri Ahyani dan Agnes Theresia Sri Suyanti. Keduanya langsung disambut Ketua PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi bersama anggota Tim Penggerak PKK Desa Belo Laut di kantor desa setempat.

Sekda Bangka Barat, Yunan Helmi pada kesempatan ini mengungkapkan pihaknya selalu berusaha secara maksimal untuk mengimplementasikan tentang pembangunan keluarga dan penduduk. Serta mendukung penuh Desa Belo Laut yang telah mewakili Bangka Belitung ke tingkat nasional dalam lomba UP2K tersebut.

"Terimakasih kepada seluruh komponen Desa Belo Laut.  Belo Laut mewakili Babar di tingkat nasional,” kata Yunan.

Sementara itu Ketua PKK  Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengaku bangga lantaran Desa Belo Laut bisa mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional.

"Saya bangga Babel masuk enam nominasi nasional, yakni Bali, Kalimantan Selatan, Kaltim, Lampung, Sumbar, dan Babel. Semoga melalui empek-empek udang, minuman mengkudu berbentuk kering ekstrak mengkudu, dan ternak burung puyuh, kita berharap dapat berikan inspirasi untuk tim verifikasi, Babel juara satu nasional," harap Melati.

Salah satu tim verifikasi, yakni Anggun Sri Ahyani mengatakan Desa Belo Laut berpotensi juara namun, nantinya kegiatan tersebut harus  berkesinambungan setelah menjadi juara.

Sementara itu Kades Belo Laut, Ibnu mengakui empek-empek udang, minuman mengkudu, dan burung puyuh telah melalui berbagai proses sehingga akhirnya menuju tingkat nasional mewakili Babel.

"Hasil olahan lautnya dijadikan empek-empek udang dari PKK telah booming. Untuk empek-empek udang ke depan akan mengolah limbahnya jadi tidak ada yang terbuang," tukas Ibnu.

 Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pemdes Babel, Forkopimda Bangka Barat, dan seluruh jajar OPD Bangka Barat.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL