Hangga: PPDB Tingkat SD Harus Sesuai Permendikbud No 51 tahun 2018

Hangga OF.(dok)
Hangga OF.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019/2020 untuk tingkat sekolah dasar (SD) pada bulan Juli 2019, ada ketentuan syarat usia dimulai dengan usia minimal 6 tahun dan maksimal 7 tahun. Tentunya ini menjadi nafas lega bagi orang tua calon murid mengingat usia anak calon siswa 6 tahun lebih bulan atau 7 tahun kurang bulan memiliki hak untuk diprioritas segera mendapatkan pendidikan melalui PPDB.

Sementara itu Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang dalam proses PPDM tingkat SD memberlakukan aturan usia yakni 6 tahun 3 bulan, dengan persyaratan sesuai sistem zonasi jarak terdekat dengan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pangkalpinang Eti Fahriaty menegaskan masuk SD sesuai dengan aturan zonasi, kemudian akan dilakukan sistem peringkat usai tertinggi hingga  terendah.

Menanggapi hal tersebut Hangga OF, salah satu pengamat pendidikan dan hukum menyatakan tidak dapat dibenarkan jika Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang menetapkan usia minimal calon siswa disandarkan pada usia sekurang-kurangnya 6 tahun 3 bulan, ini tidak sesuai dengan pasal 7 huruf a dan b Permendikbud No 51 tahun 2018 yang mensyaratkan usia didik anak SD adalah terendah 6 tahun, terkecuali PPDB untuk sekolah berkebutuhan khusus.

Hangga Of juga menambahkan, semestinya Dinas Pendidikan sudah menetapkan dan menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai zonasi untuk pembagian wilayah penerimaan asal tinggal calon siswa dengan sekolah yang akan dituju.

“Iya seharusnya zonasinya sudah diumumkan supaya para orang tua calon murid sudah mempersiapkan syarat termasuk tujuan sekolah, dan perhitungan usia anak,” kata Hangga.

Lebih lanjut Hangga menambahkan sesuai pasal 4 Permendikbud No 51 tahun 2018 pengumuman penerimaan siswa baru sudah harus diumumkan sejak bulan Mei 2019, namun saat datang ke sekolah atau dinas pendidikan tidak ditemukan pengumuman PPDB menyangkut syarat calon peserta didik.

“PPDB sebenarnya dapat diumumkan melalui sistem daring ataupun luring yang bertujuan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, termasuk penetapan zonasi wajib diumumkan satu bulan sebelum pengumuman PPDB sesuai bunyi pasal 20 ayat 5,” tukas Hangga.(*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL