Alsy, Bocah Penderita Kelainan Usus di Desa Mayang

- Kamis, 13 Juni 2019 | 12:18 WIB
Alsy (9) didampingi kedua orangtuanya, Agil dan Kasidah.(rul/wb)
Alsy (9) didampingi kedua orangtuanya, Agil dan Kasidah.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Alsy (9) bocah perempuan yang bermukim di Desa Mayang Kecamatan Simpang Teritip ini sudah sejak kecil mengidap penyakit kelainan usus. Namun putri pasangan Agil S (49) dan Kasidah (30) tampak tetap ceria seperti bocah pada umumnya.

Sang ayah, Agil, menuturkan mereka kerap berpindah-pindah rumah lantaran kondisi ekonomi yang tidak berkecukupan.

"Emang sering pindah-pindah tempat, Alsy sakit sudah dari umur dua tahun, ini umurnya sudah sembilan tahun. Ketika operasi pertama kali umurnya baru empat tahun, kalo tidak salah sudah tiga kali operasi di RSUD Sungailiat,” ungkap Agil  saat disambangi wartawan di rumahnya, Kamis (13/6/2019).

"Ini tadi operasi lagi, sudah Senin lalu sebelum lebaran ususnya di luar itu kemarin masih sakit," imbuh Agil.

Menurut Agil, sebelum operasi yang terakhir, perut Alsy tampak membesar dan susah buang air serta merasa kesakitan.

"Ini sudah selesai dioperasi kemarin, perutnya sudah lumayan kempes dan sudah lancar sekarang, ini bawaan dari lahir cuma mulai ketahuan sakitnya sejak umur dua tahun," kata Agil.

Agil mengakui selama tujuh tahun anaknya mengidap kelainan usus belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah setempat.

"Kemarin ada dari dinkes katanya mau dirujuk ke RSCM Jakarta. Senin atau Selasa ini katanya berangkat tapi mau dicek nanti sama dokter dulu di sini,"  ucap Agil.

"Dulunya dimarahi dokter karena saya sering kasih obat pelancar buang air besar, perutnya besar, maklum bapak kan cuma nyari tailing jadi BPJS tidak aktif lagi,” tutur Agil.

Dikatakan Agil, sang anak beraktifitas seperti biasanya, cuma terkadang sering muntah-muntah karena kelainan usus tersebut.

Pantauan wartawan di rumahnya Alsy, ayahnya hobi merawat bunga. Sedangkan rumah mereka hanya beratapkan terpal dan berlantai terpal dengan Dinding berbahan kayu dan papan.(rul/wb)

Editor: Barly Wow

Rekomendasi

Terkini

X