Pengelola Arsip Dituntut Mahir Menggunakan Sistem Aplikasi Arsip Dinamis

Aston    •    Selasa, 02 Juli 2019 | 10:11 WIB
Lokal
Para peserta sedang mengikuti Bimbingan Teknis beberapa waktu lalu.(as/wb)
Para peserta sedang mengikuti Bimbingan Teknis beberapa waktu lalu.(as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com --  Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terus meningkatkan kompetensi petugas pengelola arsip di lingkungan pemerintahan setempat guna mewujudkan tujuan organisasi terutama di bidang kearsipan.

Kepala Bidang Pembinaan Pengelolaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perputakaan dan Kearsipan (DPKAR) Kabupaten Bangka Selatan , Yuliana Tarmizi mengatakan, sebagai lembaga kearsipan daerah, pihaknya memiliki tugas maupun fungsi untuk melakukan pembinaan kearsipan dan pelestarian serta pemanfaatan arsip.

"Untuk itu, pembinaan yang kami lakukan salah satunya dengan melakukan pembinaan sumber daya manusia di bidang kearsipan," ujarnya, Selasa (2/7/2019).

Salah satu upaya pembinaan, DPKAR telah melaksanakan bimbingan teknis kearsipan yang diikuti oleh pengelola arsip dari OPD, kecamatan dan kelurahan serta desa.

"Belum lama ini  kami telah melaksanakan Bimtek terhadap 84 orang pengelola arsip baik dari OPD, Kecamatan, Kelurahan dan Desa di Bangka Selatan selama dua hari," tuturnya.

Disampaikannya, bimbingan teknis  bertujuan untuk pengetahuan dasar tentang kearsipan.  para peserta diharapkan mampu memahami konsep dan pengetahuan tentang strategi  pengelolaan arsip menggunakan sistem aplikasi arsip dinamis.

Adapun metode bimtek yang digunakan adalah perpaduan antara metode pembelajaran andragogy yaitu motede pembelajaran klasikal, metode pembelajaran kontemporer yang meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, simulasi dan studi kasus serta latihan.

"Kami berharap dengan pelatihan yang diberikan dapat memberikan pemahaman  kepada peserta Bimtek mengenai strategi pengelolaan arsip dengan menggunakan sistem aplikasi arsip dinamis untuk kepentingan pekerjaan di masing masing instansi," terangnya.

Ia menambahkan, materi Bintek yang diberikan meliputi Kebijakan Kearsipan Nasional, Instalasi Aplikasi Simardi versi 6.0 dan Tata Naskah Dinas dan Pemberkasan Arsip serta Sistem Pengelolaan Kearsipan Dinamis berbasis teknologi informatika dengan aplikasi offline.(as/wb)

Halaman