Justiar Bangun Bank Sampah di Daerah Pesisir

Aston    •    Jumat, 05 Juli 2019 | 19:25 WIB
Lokal
Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer berfoto bersama istri pada acara Festival Toboali Tempo Doeloe. (Astoni/wowbabel.com)
Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer berfoto bersama istri pada acara Festival Toboali Tempo Doeloe. (Astoni/wowbabel.com)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer terus berkomitmen mengurangi sampah di daerah setempat dengan memperbanyak bank sampah, khususnya di daerah-daerah pesisir.

"Tahun ini satu unit bank sampah akan kita bangun di daerah pesisir Desa Tukak, namun tidak menutup kemungkinan tahun selanjutnya akan  lagi di wilayah lainnya," Kata Justiar Noer melalui Kepala Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan, Gatot Wibowo, Kamis (4/7/2019).

Ia mengatakan pembangunan bank sampah di Desa Tukak  diambil dari Dana Alokasi Khusus(DAK) dari Kementrian Lingkungan Hidup sebesar Rp350 Juta.

"Anggaran yang digunakan bersumber dari DAK dan saat ini proses lelangnya telah berlangsung," ujarnya.

Disampaikan Gatot, Bank Sampah berfungsi sebagai pusat pemilah sampah rumah tangga maupun industri yang masih memiliki nilai ekonomis. Disamping bertujuan untuk mengurangi sampah di daerah setempat yang merupakan daerah pesisir, kehadiran Bank Sampah di Desa setempat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Selama ini sampah belum dapat dikelola secara optimal, banyak sampah yang tercecer ke lingkungan dan berakhir di laut. Untuk itu kita harapkan dengan adanya bank sampah nantinya dapat mengurangi sampah serta menambah kesejahteraan masyrakat sekitar dengan mengelola sampah sehingga bernilai ekonomis," harapnya.

Pemerintah akan membimbing masyrakat sekitar bagaimana cara  mengelola sampah dengan baik dan pengelolaan akan diserahkan kepada pemerintah desa setempat.

"Setelah Bank Sampah selesai dibangun kami akan berkoordinasi dengan pihak desa dan merekalah yang nantinya akan mencari pengelolanya apakah diserahkan kepada Bumdes  atau komunitas lainnya," kata dia.

Selain Bank Sampah, untuk mendukung pengurangan intensitas sampah yang di hasilkan dari rumah tangga maupun industri tahun ini pihaknya juga akan menambah satu unit armada truk pengangkutan sampah yang juga bersumber dari DAK Kementrian Lingkungan Hidup.

"Tahun ini kami juga akan melaksanakan pengadaan truk sampah untuk digunakan mendukung tugas pasukan kebersihan mengangkut sampah dan saat ini sudah dilelangkan juga," tukasnya. (ADV)

Halaman