[VIDEO] Bongkar Muat Ribuan Ton Zirkon di Pelabuhan Pangkalbalam

Endi    •    Senin, 08 Juli 2019 | 18:34 WIB
Video Kite
Video kegiatan bongkat muat Zirkon di Pelabuhan Pangkalbalam kota Pangkalpinang. (wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Ribuan ton mineral ikutan diduga jenis Zirkon dibongkar-muat, di Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), Senin (8/7/2019).

Padahal barang tersebut menurut Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, belum dilengkapi dokumen perlengkapan bongkar muat barang.

"Kita baru tahu dari agennya ada rencana pengiriman, cuma dokumen kapalnya belum diserahkan ke kita KSOP," kata Plh KSOP Pangkalbalam, Hasoloan Siregar.

Menurut aturan, jelas Siregar, dokumen kapal harus diserahkan ke Syahbandar 1x24 jam, sejak kapal tiba di pelabuhan. Dokumen-dokmen itu meliputi SKP awal, uji lab barang yang akan diangkut, laporan hasil surveor jumlah terakhir barang yang akan dimuat, tanda bukti sektor pajak daerah dan SKP akhir.

"Tadi datang ke saya menghadap mungkin pengurusnya, dia bilang mau muat cuma saya minta untuk dilengkapi sebelum dimuat dokumen-dokumen barangnya. Makanya saya bilang jangan dimuat dulu," katanya.

Dia menyebutkan, pihak KSOP tidak tahu, jika sedang dilakukan bongkar muat barang yang dilakukan sejak siang tadi.

"Makanya kita tidak tahu (dilakukan bongkar muat), saya tahu dari kalian (wartawan) bahwa barang ini sudah dimuat. Mungkin nanti kita stop dulu, kita akan panggil agen pelayarannya," terangnya.

Sementara itu, Andi, salah satu sopir truk yang mengangkut barang tersebut mengaku



1   2