Sensus Penduduk BPS Basel Bertepatan Dengan Pilkada 2020

Aston    •    Selasa, 06 Agustus 2019 | 20:08 WIB
Lokal
Kepala BPS Basel, I Ketut Mertayasa. (Astoni/wowbabel)
Kepala BPS Basel, I Ketut Mertayasa. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan kembali melakukan pemutakhiran data kependudukan Basel pada tahun 2020 mendatang, bertepatan dengan tahun politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 

Namun, hal itu dilakukan BPS tidak terkait dengan pelaksanaan Pilkada, melainkan sudah menjadi ketentuan BPS dalam melakukan sensus kependudukan yang dilakukan dalam rentang waktu satu kali dalam 10 tahun. Sensus penduduk bertujuan untuk memperbaharui data dasar secara menyeluruh.

"Mengenai data penduduk bahwa BPS akan melaksanakan sensus penduduk dalam 10 tahun sekali dan tahun depan (2020--red) sensus penduduk dilaksanakan," ujar Kepala BPS Basel, I Ketut Mertayasa saat menggelar kegiatan Focus group discussion (FGD) Data Publikasi Kabupaten Bangka Selatan dalam angka 2019, di Gedung Pertemuan Badan Kuangan Daerah Basel, Selasa (6/8/2019). 

Ia mengatakan, sensus penduduk Tahun 2020 terdapat beberapa perubahan metode pendataan dari sensus sebelumnya. Sensus Pendusuk tahun mendatang akan dilakukan dengan metode kombinasi antara konvensional dengan digitalisasi yakni, metode door to door ( rumah ke rumah) dan metode pemutakhiran mandiri atau metode ini disebut CAPI (Computer Asisted Personal Interview). 

"Sensus penduduk 2020 metode digunakan metode kombinasi yakni, door to door dan metode pemutakhiran mandiri. Door to door ka



1   2