Polsek Toboali Ungkap Pelaku Pembobolan Konter HP

Aston    •    Rabu, 07 Agustus 2019 | 23:22 WIB
Lokal
Tiga pelaku pembobol konter HP usai menjalani perawatan di RS Setempat guna mengambil proyektil senpi petugas yang bersarang di kaki ketiganya. (Astoni/wowbabel)
Tiga pelaku pembobol konter HP usai menjalani perawatan di RS Setempat guna mengambil proyektil senpi petugas yang bersarang di kaki ketiganya. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Jajaran Polsek Toboali, Polres Bangka Selatan (Basel), berhasil mengungkap kasus pembobolan konter handphone Wendi Cell di Jalan Jenderal Sudirman Toboali, beberapa waktu yang lalu.

Dalam kejadian tersebut para pencuri berhasil menggasak puluhan unit ponsel dan sejumlah uang dengan total kerugian mencapai ratusan juta rupiah. 

Para pelaku berhasil ditangkap pada Rabu (7/8/2019). Tiga orang pelaku diamankan anggota Opsnal Reskrim Polsek Toboali dibantu Sat Reksrim Polres Basel. Dalam operasi gabungan tersebut, ketiga pelaku dihadiahi timah panas oleh petugas karena melawan saat hendak ditangkap. 

Ketiga pelaku yakni, Dimas Saputra Alias Adi (39), Muhammadiya alias Tomi (43), dan Asmi Alias Amang (48). Ketiganya merupakan warga pendatang yang menetap di Dusun Trans SPC, Desa Rias, Toboali, Bangka Selatan. 

Aksi pencurian yang ketiga pelaku terbilang cukup profesional, selain tidak meninggalkan jejak, bukti rekaman CCTV yang ada di konter ikut digondol komplotan ini, sehingga petugas cukup kesulitan melidik keberadaan pelaku. Modus pelaku dengan cara merusak lubang ventilasi WC. 

Tapi sepekan berlalu sejak kejadian 1 Agustus 2019, Jajaran Polsek Toboali dibawah pimpinan Iptu Yandrie C Akip berhasil mengungkap kasus ini. 

Kapolres melalui Kabag Ops Polres Basel, Kompol Rusnoto mengungkapkan, ketiga pelaku sempat kabur ke daerah Sungailiat Bangka, selain ingin menghilangkan jejak, ketiga pelaku hendak menjual barang hasil curiannya. 

"Anggota gabungam sempat melidik ke sungailiat tepatnya di Sempan, tapi para pelaku sudah tidak disana lagi," ujar Kompol Rusnoto, Rabu (7/8/2019) malam.

Ternyata ketiga pelaku sudah berada di Dusun Trans SPC Desa Rias, dan anggota gabungan yang dipimpin Kapolsek Iptu Yandrie dengan Kasat Reskrim AKP Albert Daniel melakukan operasi penangkapan. 

Penangkapan berawal terhadap tersangka Dimas dan Tomi di rumah kontrakan Dimas. Namun, kendati sudah dikepung petugas, Dimas dan Tomi berusaha kabur dan sempat terjadi pergulatan dengan petugas.

Kepada petugas, kedua tersangka mengaku melakukan pencurian sebanyak tiga orang, kemudian petugas makukan penangkapan terhadap rekannya yakni, Amang di kediamannya dusun Trans SPC. 

"Setelah diinterogasi ketiganya mengaku juga pernah mencuri alat berat PC, saat dilakukan pengembangan ketiga tersangka ini berusaha kabur sehingga terpaksa diambil tindakan tegas dengan cara dilumpuhkan dibagian kaki," ungkap Kompol Rusnoto. 

Namun, sebagian barang bukti sudah berhasil dijual oleh pelaku tinggal menyisakan 6 unit ponsel. 

"Pengakuan tersangka barang bukti sebagiannya sudah dikirim ke Pelembang, menyisakan enam unit ponsel yang berhasil diamankan bersama satu unit motor. Sementara  CCTV dibuang ke Bendungan mentukul. Dalam aksi pencurian tersebut korban mengalami kerugian 103Juta," tukasnya. (Astoni/wb)

Halaman