Jokowi dan Mahattir Bahas Industri Kelapa Sawit

Tim_Wow    •    Sabtu, 10 Agustus 2019 | 11:51 WIB
Nasional
Presiden Jokowi menumpangi mobil yang dikemudikan sendiri oleh PM Mahathir.(ist)
Presiden Jokowi menumpangi mobil yang dikemudikan sendiri oleh PM Mahathir.(ist)

KUALALUMPUR,www.wowbabel.com  -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan melakukan lawatan ke Malaysia. Presiden Jokowi tiba di Kuala Lumpur International Airport, Malaysia, pada Kamis (8/8/2019), pukul 20.00 waktu setempat. 

Lawatan Jokowi ke Malaysia ini merupakan balasan atas kunjungan Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad pada 2018. Mengenai agenda lawatan itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pertemuan akan membahas masalah WNI di Malaysia hingga kelapa sawit. Kedua pemimpin juga akan salat Jumat bersama.

“Kalau mengenai isu, beberapa isu yang menjadi kepentingan kita tentunya, dua paling tidak, pertama adalah mengenai masalah warga negara Indonesia,” jelas Retno, Kamis (8/8/2019).

Mengenai isu TKI, Retno menjelaskan bahwa jumlah Tenaga Kerja Indonesia jumlah cukup banyak, lebih dari dua juta orang. Dan karena jumlah yang besar itu ada beberapa isu yang mengikutinya, seperti soal pendidikan bagi anak-anak TKI.

“Yang kedua, dua orang pemimpin pasti akan berbicara masalah kelapa sawit. Karena antara Malaysia dan Indonesia dua-duanya adalah produsen kelapa sawit yang cukup besar,” tambah Retno dikutip dari jokowi.app.

Menlu menjelaskan, bahwasanya jika kedua negara digabungkan produksi sawitnya adalah yang terbesar di seluruh dunia. Apalagi sekarang ini sedang ada banyak tantangan yang dihadapi oleh kelapa sawit. 

Sebagai informasi, Indonesia dan Malaysia telah bersatu dalam meny



1   2      3