PLN Babel Uji Coba B100 untuk Pembangkit Listrik

Tim_Wow    •    Sabtu, 10 Agustus 2019 | 11:46 WIB
Lokal
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- PLN wilayah  Bangka Belitung memulai uji coba bahan bakar B100 untuk pembangkit listri tenaga diesel (PLTD). Untuk tahap awal, bulan Agustus ini PLN melakukan uji coba terhadap pembangkit berkapasitas 5 MW.

"Kami coba Agustus ini gunakan B100 atau seratus persen CPO sawit," kata GM PLN UIW Babel Abdul Mukhlis di PLTU Air Anyir, Babel, Rabu (7/8/2019) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Mukhlis menuturkan, penggunaan B100 akan berdampak positif pada devisa negara. Pasalnya B100 yang berasal dari sawit produksi sepenuhnya dilakukan di dalam negeri. "Mulai dari petani hingga pabrik CPO nya dalam negeri semua. Baik untuk devisa kita," ujarnya.

Sementara untuk B20 sejak lama telah digunakan untuk sejumlah pembangkit diesel. B20 merupakan campuran 20 persen CPO dan sisanya 80 persen High Speed Diesel (HSD). Bahan bakar HSD atau solar meskipun diproduksi dalam negeri, namun masih dominan terkait dengan bea impor.  "Sesuai visi PLN ikut menggerakkan perekonomian. Ini salah satunya penggunaan B100," ucapnya. 

Mukhlis menjelaskan PLTD sejauh ini masih menjadi andalan di Babel karena lebih sederhana dan mudah dioperasikan. Namun, untuk biaya bahan bakar selama ini tergolong mahal. Bahkan untuk solar kerap berfluktuasi tergantung nilai mata uang. "Kalau untuk PLTU pakai batu bara memang lebih murah. Tapi prosesnya lebih rumit. Kalau ada pemeliharaan ini tidak mudah," ucapnya.

Uji coba B100 oleh PLN in



1   2      3