Daging Kurban DPKPLH Basel Dibungkus Daun Simpur

Aston    •    Senin, 12 Agustus 2019 | 00:37 WIB
Lokal
Daging kurban tidak dibungkus menggunakan kantong plastik melainkan hanya menggunakan daun.(as/wb)
Daging kurban tidak dibungkus menggunakan kantong plastik melainkan hanya menggunakan daun.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Suasana pemotongan hewan kurban yang dilakukan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Bangka Selatan, Minggu pagi (11/8/2019) sedikit unik bahkan jarang terjadi ditempat lainnya. Pasalnya, daging kurban tidak dibungkus menggunakan kantong plastik melainkan hanya menggunakan daun.

Pantauan di lokasi,daging sapi yang sudah ditimbang panitia dan siap diberikan kepada penerima hanya dibungkus menggunakan daun simpur.

Ternyata pihak panitia sengaja tidak menyiapkan kantong plastik sebagaimana surat edaran Bupati Bangka Selatan yang menghimbau agar Idul Adha tanpa kantong plastik. "Sesuai surat edaran Pak Bupati, Idul Adha tanpa kantong plastik sehingga kita tidak menggunakan kantong plastik, maka kita menggunakan daun simpur," ujar Kepala DPKPLH Basel, Gatot Wibowo.

Ia mengatakan, bakal penerima daging kurban terlebih dahulu sudah diberitahukan pihak panitia untuk membawa wadah sendiri dari rumah.

"Kita beritahukan kepada penerima bawa wadah karena panitia tidak menyiapkan kantong plastik, penerima juga kita himbau jangan bawa kantong plastik," kata Gatot.

Menurut Gatot, surat edaran yang dikeluarkan bupati mengenai Idul Adha tanpa kantong plastik sebagai bentuk komitmen pemerintah mengurangi sampah plastik di daerah setempat.

"Perlahan kita kurangi demi menjaga masa depan lingkungan terutama dari sampah plastik," imbuh Gatot.

Pada perayaan Idul Adha 1440



1   2