Tingkatkan Jiwa Kebangsaan Jelang HUT RI, Pemuda Kristen Gelar Diskusi

Endi    •    Jumat, 16 Agustus 2019 | 17:20 WIB
Lokal
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pangkalpinang bersama dengan Pemuda Gereja HKBP dan GPIB, menggelar diskusi dalam menyambut HUT RI ke 74 tahun, yang digelar di Cafe Panjul 77, Kamis (15/8/2019) malam.(dag/wb)
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pangkalpinang bersama dengan Pemuda Gereja HKBP dan GPIB, menggelar diskusi dalam menyambut HUT RI ke 74 tahun, yang digelar di Cafe Panjul 77, Kamis (15/8/2019) malam.(dag/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pangkalpinang bersama dengan Pemuda Gereja HKBP dan GPIB, menggelar diskusi dalam menyambut HUT RI ke 74 tahun, yang digelar di Cafe Panjul 77, Kamis (15/8/2019) malam.

Bertema 'Peran Pemuda Kristen dalam Menyikapi Hari Kemerdekaan', kegiatan yang diinisiasi oleh GMKI Pangkalpinang itu, guna meningkatkan lagi jiwa kebangsaan ditengah-tengah kemajemukan, terkhususnya pemuda-pemudi Kristen.

Narasumber dari Gerakan Pemuda (GP) GPIB, Maranatha Jimmy Silitonga, mengungkapkan peran Pemuda Kristen itu dalam kebangsaan dimulai dari kesadaran diri mereka sendiri.

"Peran kita dalam kebangsaan dimulai dari pembaruan diri kita dan dari hal-hal kecil yang bisa membangun generasi bangsa ini, sebagai aset negara untuk lebih bagus lagi, sehingga generasi bangsa dapat menjaga dan merawat bangsa ini," kata Maranatha.

Sementara itu narasumber dari pemuda HKBP Pangkalpinang Hembi Siagian SE SH menambahkan, pemuda adalah ujung tombak generasi Bangsa Indonesia.

"Sebaiknya kita sebagai muda-mudi gereja harus menanamkan beberapa kriteria/jiwa yang mencerminkan filosofi Bangsa Indonesia, yang dimana memiliki jiwa leadership, kritis, dan memiliki kepakaan terhadap permasalahan dan harus memiliki jiwa menjunjung tinggi adat istiadat," imbuhnya.

Disisi lain, Ketua Cabang GMKI Pangkalpinang, Goklas Petrus Hutagaol, yang turut menjadi narsumber dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi kegiatan, yang menurutnya cukup antusiasme para audiance yang begitu serius dan ramai juga dalam kegiatan ini.

"Peristiwa sejarah Indonesia ini merdeka karena semangat juang para pemuda dulu dalam merebut kemerdakaan, mahasiswa dan pemuda pemudi kristen harus paham bahwa generasi bangsa ini ada ditangan genari muda sekarang, sebagai genarasi bangsa ini harus siap juga menjaga bangsa ini dari gesekan sosial seperti disentegrasi bangsa, Intoleransi dan Radikalisme," jelasnya.

"Mahasiswa dan pemuda/i kristen agar bijaksana dalam bermedia sosial supaya jangan ada perpecahan dalam berbangsa dan bernegara," tukasnya.(dag/wb)

Halaman